Wisata Bandung Melihat Bintang

Wisata Bandung – Melihat bintang dan memandangi langit adalah suatu hal yang menyenangkan. Banyak orang mendongakkan kepala ke langit untuk sekedar melihat kilau cahaya bintang. Namun, dengan teropong bintang di Bosscha Bandung, semua benda langit terlihat jelas dan nyata. Untuk menikmati hal ini, Anda dapat ke Bandung, tepatnya di daerah Lembang. Tempat wisata ini cocok dikunjungi oleh anak-anak yang penasaran dengan apa yang ada di langit. Biasanya pada musim liburan sekolah, observatorium bosscha ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam Bandung maupun luar Bandung. Pelajaran mengenai tata surya di sekolah juga akan menjadi lebih dipahami oleh siswa bila berkunjung ke wisata ini. Tiket untuk masuk dan menjajal teropong bintang pun sangat murah.

Lokasi wisata Bandung ini hanya sekitar 15 KM dari bagian barat kota Bandung. Tidak terlalu jauh untuk menuju kesana menggunakan berbagai macam moda kendaraan. Luas observatorium ini mencapai 6 hektar. Hawa sejuk akan dirasakan ketika berda di tempat tersebut sebab berada di ketinggian 1.300 mdpl. Panorama di daerah observatorium sangat indah, cocok untuk melepaskan penat dan menghibur diri. Dulunya observatorium bosscha ini memiliki nama bosscha sterrenwacht. Menggunakan bahasa Belanda sebab lokasi observatorium ini dulunya adalah mega proyek yang di bangun oleh pemerintah negeri Belanda dalam organisasi perhimpunan bintang hindia Belanda. Dibangun dari tahun 1923 dan selesai pada tahun 1928.

Tujuan didirikannya wisata Bandung observatorium bosscha ini adalah untuk mengetahu dan memahami tentang bahwa di angkasa, gugusan bintang membentuk sebuah sistem baru yang satu sama lain saling terikat. Para ilmuan yang ada di Hindia Belanda tak merasa cukup bila meneliti hanya dari teori dan perkembangan dari barat saja, mereka ingin secara langsung meneliti di tempat mereka berada, yakni di Lembang, Bandung. Observatorium ini kemudian pengelolaannya saat ini dipegang oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Namun, tetap saja tempat ini terbuka untuk umum. Siapa saja boleh berkunjung ke tempat ini untuk melihat langit dari kejauhan.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *